Oleh: ardianita | 06/12/2015

Menggambar Grafik Persamaan Kuadrat

Kali ini saya ingin berbagi rumus di MS Excel untuk menggabar grafik persamaan kuadrat y = ax^2 + bx + c. Perhitungannya memakai rumus abc, yang hasilnya berupa titik potong dengan sumbu x, titik puncak/balik, dan titik potong dengan sumbu y. Selain itu memungkinkan juga untuk tidak berpotongan dengan sumbu x.

Selain itu saya buatkan juga untuk perpotongan dengan garis linear y= px + q. Hasilnya bisa bersinggungan, berpotongan, dan tidak berpotongan.

Dalam pembuatan rumus, yang pertama saya memakai fungsi ISERROR yang mendeteksi ada kesalahan dalam hasil perhitungan. Apabila ada error berarti hasil akarnya imajiner. Ini menunjukkan nilai determinan D<0, artinya kurva tidak berpotongan dengan sumbu x.

Sedangkan rumus yang kedua, saya buat dengan mendeteksi kondisi determinan D<0. Apabila kurang dari 0 berarti tidak saling berpotongan/bersinggungan dan nilai y tidak ada.

Silakan di-download file excelnya, untuk memasukkan nilai di persamaan kuadrat ganti angka di kolom B4 sampai B6, sedang untuk persamaan linear, ganti angka di kolom B39 dan B40. Untuk menggambar grafiknya bisa dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan.

Semoga hasil kecil ini bisa bermanfaat.

Grafik fungsi kuadrat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: