Oleh: ardianita | 11/05/2014

Konversi Angka ke Huruf/kata dengan MS Excel

Berikut kami sampaikan cara membuat rumus untuk mengkonversi angka ke huruf/kata/terbilang dengan menggunakan fungsi di MS Excel. Rumus ini bisa digunakan untuk pembuatan raport di sekolah, karena yang saya tahu rapor anak saya menggunakan kata. Jadi kalau nilai 90 ditulis Sembilan Puluh. Selain itu bisa dipakai untuk pembuatan kwitansi dengan melakukan beberapa modifikasi sederhana. Di sini saya hanya memberi ide dasar saja.

Rumus yang dipakai tidak usah menggunakan VB maupun makro yang rumit untuk orang awam, hanya menggunakan fungsi utama IF dan VLOOKUP.

Fungsi-fungsi yang dipakai adalah :

1. IF(logical_test;nilai bila benar;nilai bila salah)

2. VLOOKUP(nilai lookup;range tabel;kolom ke berapa dari tabel;logical)

*   nilai lookup adalah nilai yang ada di cell yang akan dikonversi

*  range tabel adalah range tabel referensi tempat konversi yang dibuat

*  kolom ke berapa dari tabel adalah urutan kolom ke berapa dari tabel yang akan

ditampilkan, dihitung mulai dari kiri.

*  logical adalah berisi FALSE bila nilainya pasti seperti di tabel dan berurutan. Sedang

diisi TRUE bila nilai di tabel tidak pasti atau tidak berpola. Contoh :

1,2,3,4,10,13,100. Atau 10 untuk nilai E, 40 untuk D, 60 untuk C. Apabila nilai 50 akan

mendapat nilai apa?

3. LEFT(text;karakter ke berapa)

*  text adalah 1 karakter yang ada di cell yang akan diambil

*  karakter ke berapa adalah karakter ke berapa dihitung mulai dari kiri

4. RIGHT(text;karakter ke berapa)

*  text adalah 1 karakter yang ada di cell yang akan diambil

*  karakter ke berapa adalah karakter ke berapa dihitung mulai dari kanan

5. INT(angka) perintah ini saya pakai untuk mengubah karakter menjadi integer

 

Berikut adalah bentuk tabel yang saya buat. Di sini saya akan mengubah bilangan menjadi huruf. Flow Chartnya sebagai berikut :

flowchart konv-angka-huruf

tabel excel

Berdasarkan flowchart di atas, dibuat dulu tabel seperti di atas, di sini saya buat di cell O dan P mulai dari O2 sampai P14. Angka di tabel dimulai dari 0 sampai 11 dan 100. untuk ‘0’ diisi karakter ‘spasi’, jangan sampai dikosongkan, karena program akan error.

Setelah tabel dibuat, tentukan dimana angka yang akan dikonversi dan hasilnya diletakkan, di sini saya membuat di cell B2 sampai C5.

Kemudian uji apakah isi B2 sama dengan data di tabel O3:O14? kalau benar tulis huruf di C2 berdasarkan data di tabel O3:P14. Misalkan, B2 berisi 1 maka dengan perintah VLOOKUP akan mencari dari tabel angka 1 itu sama dengan huruf apa, dan di tabel berisi “Satu”. Logical di VLOOKUP diisi TRUE karena ada data yang tidak berurutan, yaitu 100.

Tetapi apabila tidak sama, maka akan masuk ke pengujian kedua, diuji lagi apakah isi B2 mempunyai karakter pertama angka 1? Bila benar, maka dengan perintah VLOOKUP mencari data dari tabel mulai angka 2 sampai 9 yang sama dengan karakter pertama dari kanan di cel B2. kemudian dengan fungsi ‘&’ ditambah kata ” Belas”. Fungsi & mudah dipakai daripada fungsi CONCATENATE yang gunanya juga untuk menggabungkan 2 kata, dan di depan kata ‘Belas’ diberi spasi agar kata di depannya terpisah dengan ‘Belas’.

Tetapi bila tidak sama, yang berarti angkanya lebih dari 19, berarti masuk ke pengujian berikutnya. Diuji isi karakter pertama dari kiri B2 apakah tidak sama dengan 1, tujuannya agar angka 100 yang lebih besar dari 19 tidak ikut masuk. Bila benar maka dengan menggunakan perintah VLOOKUP mencari karakter pertama dari kiri di cell B2 yang sama dengan di tabel mulai O4:P11, ditambah fungsi ‘&’ ditambah kata ” Puluh ” (di depan dan belakang “Puluh” ditambah spasi). Kemudian dicari lagi data di tabel dengan VLOOKUP untuk karakter pertama dari kanan di cell B2, mulai O2:P11 untuk mengisi bilangan satuannya. Apabila karakter ke dua di cell B2 berisi “0” maka data di tabel untuk 0 adalah spasi atau karakter kosong. Apabila salah, akan diisi spasi atau karakter kosong.

Bentuk Programnya adalah sebagai berikut :

=IF(B2=VLOOKUP(B2;$O$3:$O$14;1;TRUE);VLOOKUP(B2;$O$3:$P$14;2;FALSE);IF(LEFT(B2;1)=”1″;VLOOKUP(INT(RIGHT(B2;1));$O$4:$P$11;2;FALSE)&” Belas”;IF(LEFT(B2;1)<>”1″;VLOOKUP(INT(LEFT(B2;1));$O$4:$P$11;2;FALSE)&” Puluh “&VLOOKUP(INT(RIGHT(B2;1));$O$2:$P$11;2;FALSE);” “)))

File Excelnya : konversi angka ke huruf

 

Ada fungsi $ yang nempel di O dan P adalah, untuk membuat O dan P tidak berubah apabila dibuat autofill di B3:C3 sampai ke bawah terus.

Demikian program sederhana ini saya buat, mungkin bisa memberi inspirasi untuk penggunaan yang lebih lanjut atau lebih rumit.


Responses

  1. Sip. Cukup menginspirasi. akan mencoba

  2. gan numpang nanya misal saya nulis angka 1 di sel D1 lha hasilnya disel itu juga (D1), tapi hasilnya seperti ini : ” 1 (satu) Colly ” bgm ya ? sekedar info colly adalah satuan paket untuk kirim barang. terima kasih

    • Terima kasih atas kunjungannya.
      Kalau pembuatannya memakai rumus langsung di cell Excel, hal itu tidak bisa dilakukan, kecuali memakai pemrograman Makro. Karena apabila kita menulis karakter di cell itu, karakter yang baru akan menggantikan karakter yang lama. Jadi tetap memakai 2 cell untuk memenuhi kebutuhan Bapak. Triknya apabila saat dicetak, cell yang ada angka 1 dan seterusnya di hidden terlebih dahulu.
      Terima kasih

  3. makasih sangat atas informasiny.. semoga menjadi amal ibadah bagi anda… aamiiin…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: