Oleh: ardianita | 04/09/2011

YangTi

YangTi panggilan akrab dari ibu mertuaku yang sekarang tinggal sendiri di rumah yang besar di desa. YangTi telah melahirkan 4 orang putra dan 3 orang putri tetapi meninggal 1 saat masih bayi. YangTi sendiri mempunyai saudara 8 orang yang kesemuanya laki-laki, dan sekarang tinggal 3 saudaranya yang masih hidup.
Ayah mertuaku meninggal sudah cukup lama, sekitar 15 tahun yang lalu dan saat itu aku dinikahkan di depan jenazah ayah mertua. Karena menurut budaya Jawa, apabila tidak dinikahkan saat itu harus menunggu 1 tahun lagi. Saat itu sebenarnya saya dan istri memang tinggal menunggu hari pernikahan yang kurang 3 bulan lagi.
YangTi merupakan orang yang kuat dan keras, karena telah berhasil menyekolahkan semua putra-putranya ke universitas, walaupun YangTi sekolah hanya sampai smp. Cerita YangTi, gaji ayah mertuaku yang sebagai Penilik Sekolah semua diberikan ke YangTi yang kemudian dikelola menjadi sawah berhektar-hektar. Hasilnya untuk hidup dan membiayai sekolah putra-putranya. Tapi sekarang semua sawah YangTi sudah disewakan karena YangTi sudah tua untuk mengerjakan sendiri, dan putra-putranya tidak ada yang mau bersawah. Bahkan ada yang dijual kembali oleh pemilik lama. Kejadian ini yang sempat membuat YangTi shok, dan untungnya tidak sampai sakit parah.
Hari ini tanggal 5 April YangTi genap berusia 72 tahun. Anakku yang putri memberi hadiah YangTi berupa roti tar dan minta ibunya untuk membelikan baju baru. YangTi sangat terharu melihat tingkah putriku dan ingat kembali ke ayah yang telah meninggal. Ulang tahun YangTi kami rayakan dengan sangat sederhana.

Selamat ulang tahun YangTi, semoga panjang umur dan Allah selalu memberikan kesehatan dan keselamatan. semoga keinginan YangTi untuk berhaji bisa tercapai dan pulang kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur amin ya Robbal alamin.

Tanggal 9 September 2014 YangTi berangkat menuju tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan ibadah haji. Beliau berangkat dengan wajah ceria, bahagia, dan sehat. Karena beberapa waktu yang lalu sempat dirawat di rumah sakit akibat penyakit jantungnya kambuh.

Semua putra-putranya berusaha sekuat tenaga agar keinginan YangTi menunaikan ibadah haji terlaksana. Alhamdulillah semua keinginan YangTi terlaksana.

YangTi akan berangkat haji

YangTi akan berangkat haji

Tanggal 9 Oktober 2014 pukul 00.21WIB atau 8 Oktober 2014 pukul 8.30 an waktu Mekah atau tanggal 14 Dzulhijah 1435 H, istriku ditelpon dari Mekah oleh petugas haji yang mengabarkan bahwa YangTi telah dipanggil Allah SWT. Innalillaahi wa’innailaihi rooji’uun…………..

Tidak ada firasat apa-apa sebelum berangkat, dan tidak ada pesan-pesan yang dititipkan, juga tidak ada tabiat-tabiat yang berubah dari kebiasaan Beliau.

Alhamdulillah, Beliau sudah melaksanakan semua ritual ibadah haji…….

Selamat jalan YangTi……….

Ya Allah, semoga Engkau terima ibadah haji Beliau dan Engkau ampuni dosa-dosa Beliau, dan Engkau terima amal ibadah Beliau dan Engkau tempatkan Beliau di Surgamu……   aamiin……..


Responses

  1. Melihat tulisan blog dari Om Ipung mengenai nenek saya sendiri yaitu YangTi. Jadi semakin semangat mengejar cita-cita dan apapun dilakukan untuk kebahagiaan sebuah keluarga kecil maupun keluarga besar.

    Perbuatan kecil saja bisa menjadi bermanfaat sekali untuk kehidupan orang lain dll. Jadi semakin semangat untuk belajar dan memegang amanah dari saudara-saudara di Madiun dan dimanapun mereka berada.

    -Pramudya Aditya-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: