Oleh: ardianita | 01/15/2011

Liburan ke Malang

Liburan di akhir tahun 2010 kemarin, kami sekeluarga pergi berlibur ke Malang untuk mencari yang dingin-dingin. Berangkat dari Madiun sudah agak siang, sehingga sampai di Malang sudah hampir menjelang sore, sekitar jam 2 an. Perjalanan dari Madiun menuju Malang cukup lancar, walau saat liburan sekolah. Perjalanan agak tersendat setelah memasuki Kota Batu sampai Malang. Karena selain angutan kota yang berhenti seenaknya, juga banyak banyak bis-bis besar membawa rombongan anak sekolah menuju Batu maupun ke arah Malang.
Memasuki Sengkaling, jalan mulai macet karena keluar masuknya pengunjung tempat wisata Sengkaling. Cukup ramai suasanannya, dilihat dari parkir kendaraan yang sampai di pinggir jalan. Perjalanan terus merayap sampai pertigaan jl. Gajahyana, setelah itu jalan lancar sampai depan Brawijaya. Saya mencoba mencari kamar di Guest Houst UB.
Memasuki UB membayar parkir Rp. 2000,- lalu kesulitan mencara tempat parkir di depan GH. Sayang tempat parkirnya sempit kira-kira hanya menampung 12 mobil saja. Untungnya ada mobil yang keluar, sehingga saya bisa menempatinya. Memasuki lobinya suasananya sudah seperti hotel. Penerima tamunya cukup ramah, tapi sayangnya semua kamar telah penuh dipesan sampai akhir tahun. Akhirnya keluar lagi menuju aloon-aloon Malang mencari hotel Pelangi. Di sinipun hanya bisa 1 malam saja karena untuk hari berikutnya semua kamar sudah ada yang pesan. Kami disarankan untuk ke Hotel Grand Palace di belakang. Saya hanya diberi ancer-ancer saja. Keluar dari hotel Pelangi sudah terlihat papan penunjuk arah hotel Grand Palace. Sekitar 100 m ada pintu masuk dan papan nama hotelnya, dengan percaya diri saya belokkan mobilku masuk mencari tempat parkir. Setelah parkir dengan dibantu satpam, saya dan istri menuju pintu masuk gedung. Lho kok ada atm Mandiri? Ah biasa seperti di tempat-tempat lain, pikirku. Setelah di depan pintu masuk, kami jadi bingung. Kok banyak orang antri? Kami didekati Satpam dan ditanya keperluan kami. Saya tanyakan apakah ini Grand Palace? Dengan tertawa Satpamnya menerangkan ini Bank Mandiri, hotelnya ada di jalan Ade Irma Suryani, dan Bapak bukan orang pertama yang salah masuk sini, mungkin sudah ratusan orang yang tertipu dengan penunjuk arah tersebut. Ya… kami mohon maaf, maklum sudah hampir 18 tahun kami meninggalkan kota Malang jadi sudah banyak yang lupa dengan tempat-tempat yang ada.
Sampai juga di hotel Grand Palace, setelah mengetahui harga kamarnya, kami mengundurkan diri karena diluar anggaran yang direncanakan. Akhirnya keluar lagi menuju pasar Besar, tidak ada hotel. Dari pasar Besar belok kiri lurus, menyeberang Jl KH Agus Salim lewat depot rawon Nguling yang terkenal, istriku minta mampir untuk makan siang, tapi aku tidak mau karena hari semakin sore takut tidak dapat hotel. Jalan terus sampai di hotel Ollino Garden persis di Ujung jalan, di Jl. Aries Munandar. Megah juga hotelnya. Di sinipun ternyata beberapa kamar yang letaknya bagus sudah terpesan. Kamar yang paling murah Rp. 350.000 tinggal sisa beberapa kamar yang terletak di lantai 2 menuju bawah. Istriku tidak mau karena harus menuruni banyak tangga. Maunya berlibur, kok malah capek. Akhirnya kami memilih kamar Deluxe yang tinggal 2 kamar dengan harga Rp. 500.000 semalam. Saya putuskan di sini karena kalau mencari hotel yang lainnya belum tentu dapat karena ini merupakan hari libur sekolah dan menjelang tahun baru. Selain itu hotel ini mudah dijangkau dan dekat dengan pusat keramaian.
Kamarnya cukup luas dengan 1 tempat tidur ukuran 2 yang cukup untuk kami bertiga. Untungnya anakku yang satunya sengaja tidak ikut, karena berlibur ke orang tuaku di Kediri. Kamarnya luas dan tersedia teras di belakang untuk sekedar duduk-duduk santai. Kamar mandinya memakai shower panar dingin dan WC duduk. ACnya dingin sekali, tvnya dengan channel indovision. Memasuki kamar, anakku langsung menyalakan tv dan menikmatinya sambil tiduran, diajak mencari makan siang yang sudah sore tidak mau. yaa… setelah menjama’ sholat kamipun tidur. Selama 2 hari di Malang, kami banyak di dalam hotel karena anakku sulit sekali diajak jalan-jalan ke luar. Tv terus yang dinikmatinya, ya .. akhirnya kami menikmati suasana hotel yang mahal ini.
Keesokan harinya setelah agak siang, kami meluncur menuju Selecta. Jatim Park sudah pernah kami datangi di liburan tahun kemarin. Kami ingin menikmati suasana Selecta yang telah sekian lama tidak ke sana. Perjalanan bisa dikatakan lancar, hanya tersendat di Diniyo dan menjelang Landungsari. Sesampai di Selecta setelah membayar di pintu masuk, saya mencari tempat parkir yang dekat tempat wisata, untungnya saat saya datang ada mobil yang keluar.
Selecta tidak banyak mengalami perubahan, pemandiannya masih seperti dulu, tebing-tebingnya dan tempat permainan masih sama. Ada beberapa tambahan permainan, seperti perahu ayun seperti di Jatim Park, tapi tidak setinggi dan seheboh di sana. Sekarang yang di bawah dibuat taman bunga dan semuanya sedang berbunga. Jadi indah sekali. Kami makan siang gurami bakar seharga dengan di Madiun. Berarti di Madiun mahal ya…
Berikut foto-foto saat di Selecta :

Sebenarnya masih banyak foto-foto keindahan Selecta. Dulu saat masih kuliah, apabila sudah terasa jenuh, saya biasanya ke Selecta duduk-duduk saja sambil menikmati dingin dan keindahan Selecta. Tapi sayangnya kali ini tidak seberapa dingin, bahkan lebih dingin kamar hotelku.
Hari kedua, kami berangkat pagi karena akan menempuh perjalanan jauh sekitar 50 Km yaitu menuju pantai Balekambang, yang dulu juga merupakan tempat favorit untuk membuang kejenuhan. Selepas Kepanjen jalannya sudah banyak yang berlubang bahkan ada sekitar 2 Km rusak parah seperti jalan makadam. Setelah membayar biaya masuk dan biaya parkir di pintu masuk, ternyata masih membayar lagi untuk menjaga kendaraan di tempat parkir. Biarlah……
Suasana saat itu agak mendung, sehingga cukup enak untuk jalan-jalan di pasir. Suasananya cukup ramai dengan anak-anak muda, dan suasananya tidak banyak berubah saat saya masih sering ke sini. Hanya sekarang ikan hias yang banyak bermain di pinggiran pantai di sekitar batu besar sudah tidak ada lagi
Beginilah suasananya :
Liburan ini ada perasaan yang kurang puas, karena anakku tidak mau diajak menikmati suasana Malang, seperti cari jagung bakar di Pulosari, cari pangsit mie di Dempo, cari bakso stasiun, bakso presiden, atau sekedar putar-putar di kota. Sedangkan kami tidak tega meninggalkan dia sendirian di kamar hotel. ya jadinya menikmati semua fasilitas hotel yang sudah dibayar, seperti kamar ber AC, Wifi, dan indovision. Sayangnya menu sarapannya tidak begitu enak bila dibandingkan dengan makanan di Matos.

Responses

1. Subhanallah…..semua fotonya bagoooooooeesss. Tapi kurang afdol kalau yang menikmati hanya bertiga. lain kali harus ngajak saya, baru afdol.

• Terima kasih Mbak. Kapan ya bisa pergi rame-rame. Sebenarnya pengen juga,kapan ya Mbak, desember tahun ini?

2. Yang lagi nyari hotel murah di malang bisa cek disini.. http://dparagon.com/hotel-murah-malang/

3. Selecta makin bagus ya… Sdh puluhan tahun ga kesana hehehe…

4. Kalian butuh bantuan untuk merencanakan perjalanan wisata, kami akan dengan senang hati membantu kalian. Kami menyediakan berbagai macam paket wisata Jawa dan Bali, dengan fasilitas armada yang baru dan bersih juga crew yang ramah – ramah menjadikan perjalanan kalian berkesan dan pastinya beda dengan yang lainnya.
    Semua paket kami sudah free dokumentasi yah, ada DSLR ada Kamera Underwater.

Kami melayani paket wisata :
    1. Malang – Batu
    2. Yogyakarta – Gunung Kidul
    3. Banyuwangi
    4. Bali
    5. Ziarah wali
    6. Study Tour & Outbound
    7. Dll sesuai permintaan

Ada promo menarik, bagi yang merefrensikan kami untuk menjadi agen perjalanan kalian dapatkan “CASHBACK”.
    Untuk harga bisa di nego kok, jadi jangan takut harga mahal.

untuk info bisa Hub.
    SMS / WA : 085730077308
    BBM : 7ECC7D00

mau lihat history tour kami bisa langsung folow Instagram kami yah