Oleh: ardianita | 01/15/2011

Lokomotif Diesel Hidrolik

Tahun 2011 ini merupakan tahun yang penting bagi PT Inka, karena akhir tahun nanti Inka akan mengeluarkan produk baru berupa Lokomotif Diesel Hidrolik yang pertama yang merupakan hasil rancang bangun sendiri secara keseluruhan. PT Inka adalah industri kereta api yang terletak di Madiun Jawa Timur, yang melakukan proses desain hingga memproduksinya untuk gerbong barang, kereta penumpang, Kereta diesel, kereta diesel elektrik, kereta push pull diesel elektrik, dan kereta listrik. Sedangkan produk lokomotif Diesel Electric yang dipakai untuk menarik kereta penumpang di Jawa merupakan hasil desain GE Amerika yang dibuat di PT Inka.
Proses desain Lokomotif DH ini sudah dimulai pada awal tahun 2010 dengan diawali studi-studi dan diskusi dengan vendor mesin di Eropa. Departemen Perhubungan pun menyetujui untuk membiayai proyek prototype tersebut, yang rencananya akan dibuat sebanyak 3 buah. Desain secara keseluruhan, carbody, integrasi sistem elektrik, sistem kontrol, sistem pengereman, maupun desain bogie dilakukan oleh staf Divisi Teknologi dengan dibantu software CAD 3D. Sedangkan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan simulasi digunakan software CAE Ansys dan Vampire.

Spesifikasi Lokomotif ini adalah : Lokomotif Diesel Hidrolik dengan tipe CC300 dengan double cabin, memakai bogie konstruksi 3 gandar. Panjang keseluruhan 19 m, lebar 2,790 m, berat kurang lebih 87 ton, dan beban axle 15 ton. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi dari Voith. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan. Lokomotif ini diharapkan mempunyai power sekitar 2200 HP. Lokomotif ini juga dilengkapi genset dari Caterpillar yaitu CAT C15 yang digunakan sebagai sumber listrik untuk rangkaian kereta penumpang. Dengan kondisi ini maka tidak perlu digunakan kereta power lagi seperti biasanya. Apabila lokomotif ini dipakai untuk menarik gerbong, genset tersebut dapat dimatikan. Rencana operasinya adalah di pulau Jawa.
Untuk Bogienya, juga merupakan hasil karya sendiri setelah melakukan serangkaian studi-studi. Bogie memakai sistem konstruksi yang didesain untuk kecepatan 120 Km/jam, kecepatan operasional 100Km/jam. Keistimewaan bogie ini merupakan bogie 3 gandar, sederhana, dan mudah dalam perawatan.

Semua konstruksi menggunakan mildsteel.
Ini adalah mockup dari lokomotif dh ini, sayangnya pengerjaannya masih kurang bagus, sehingga sudut-sudutnya masih terlihat tajam.

Akhirnya bulan Desember 2011 Lokomotif ini bisa dilakukan uji coba oleh pembeli yaitu KemenHub. Berikut adalah foto saat tes dilakukan. Sayangnya tes belum bisa dilakukan di test track karena test track saat ini penuh untuk menyimpan kereta-kereta yang belum diserahkan. Uji jalan hanya dilakukan di dalam lokasi pabrik dengan jalan maju mundur. Untuk tes jalan di lintas sebenarnya kemungkinan akan dilakukan di Januari 2012, tentunya setelah mendapat ijin dari PT KAI untuk meminjam jalurnya. Foto ini diambil oleh teman lewat HPnya, karena saya berhalangan hadir.

Berikut adalah foto dari Dedie  staf humas PT Inka saat test run

Dan berikut ini saat test run dengan membawa rangkaian  4 Kereta kedinasan dan 1 MP3 yang difoto oleh mas Huda Logawa dan mas Dedie SekPers Inka. Test run ini hanya sampai Nganjuk dan sukses. Rangkaian kereta sudah bisa disuplai listriknya dari Lokomotif.

Test run bawa 4 kereta Kedinasan dan 1 MP3

About these ads

Responses

  1. Mas, itu bener speknya begitu?
    Kalo doipake di Divre Sumatra mungkin iya…
    Lha kalo di Jawa?
    Maksimal tekanan gandar bukannya 15 ton?
    Trus panjangnya 19 meter… apa ndak ngguling di tikungan nanti?
    Ato ada teknologi serapan yang dipasangkan di boggienya?

    • Benar Mas, memang begitu speknya. Tekanan gandarnya memang 15 ton dan akan dioperasikan di Jawa. Silakan teman-teman berkunjung ke Inka untuk melihat proses pembuatannya.
      Ada keinginan dari DepHub untuk membuat 1 rangkaian K3 + loknya. Jadi tidak ada alasan PT KA untuk tidak menjalankan K3 karena tidak ada lok.Tetapi saya tidak tahu bagaimana nanti aplikasinya. Terima kasih

  2. salam kenal …
    terima kasih atas sharing infonya … sangat informatif …
    tanya nih teman … kira-kira kapan selesainya nih Loko … ? Suwom

    • Sesuai kontrak bulan Desember 2011 sudah jadi 3 buah lokomotif DH. Mohon doa dari teman-teman, semoga kami bisa menyelesaikannya tepat waktu. Terima kasih

  3. Semoga prosesnya dilancarkan … terima kasih

  4. sekilas lihat posisi kursi di kabin masinis … apa nggak kurang tinggi ya …

    • Kursi masinis bisa distel naik turun mengukuti posisi yg pas bagi masinis.terima kasih

  5. Loko ini single cabin atau double cabin mas? Kalau dibandingkan lok2 DE lebih rumit mana pengerjaannya?
    Mudah2an pengerjaannya tidak terhambat, mudah2an dephub ga angin2an mendukung program ini .. terimakasih

    • Lok ini double cabin. Soal kerumitan,secara sistem lebih rumit DE,berhubung kita belum pernah mendesain sendiri jadinya ya tetap rumit. Selama ini INKA hanya sebagai tukang jahit dari GE. Terima kasih atas doa dan dukungannya

  6. jadi ini sudah 100% lokal?
    atau masih ada yang diimpor seperti mesin misalnya?

    • yang 100% dalam negeri (INKA) adalah desain dan integrasi sistemnya. Kalau komponennya, seperti mesin, sistem kontrol, sistem pengereman masih impor, karena industri dalam negeri belum mendukung. Tidak seperti di Cina, semua bisa diproduksi di dalam negri, sehingga apapun permintaan pelanggan bisa dipenuhi dengan harga murah.

  7. semoga saja Indonesia bisa membuat mesin lok, sistem komputer dan pengereman sendiri, jadi kita bisa benar-benar berdikari……

    tapi apa ada kemungkinan INKA bisa membuat mesin lok sendiri?

    • Amin. Kalau Inka bukan pembuat mesin, tetapi sebagai integrator sistem. Mungkin kalau Perkasa dihidupkan kembali, pasti bisa membuat mesin sendiri, karena saya melihat sendiri, sudah bisa membuat mesin mobil niaga beserta mesinnya, juga truk yang sekarang dipakai AD.

  8. masih bingung itu lok kok panjang amad..
    19m.. padahal tikungan di jawa banyak yg sempit (bahkan ada yg cuma bisa di lalui lok BB sperti jalur padalarang-cianjur)

    kalo sistem komputer,transmisi,pengereman mungkin udah bisa bikin sendiri tapi kalo mesin untuk saat ini lebih baik masih beli dari negara lain,.. karena bikin mesin sendiri itu butuh waktu riset yg lama + dananya yg gede pula..

    salam

    • Mas, panjang semua kereta penumpang di Jawa itu 20 m. Itupun tidak masalah.

  9. Komponen lokal yang dipakai di sini apa saja ya?

    • Untuk komponen lokal, di lokomotif dh ini relatif sedikit, bisa dikatakan 90% adalah komponen import yang diperoleh dari vendor LN langsung dan ada yang diimpor oleh vendor dalam negri.
      Untuk komponen dalam negri : spion, kaca, pintu, dan row material dari Krakatau Steel.
      Yang paling penting adalah desainnya, karena GE pun tidak memproduksi semua komponen lokomotifnya.

      • yang pasti badan kereta, itu juga tidak murah harganya. + engineering cost. ini yang paling mahal

  10. Wah! Sukses aja ada lok buatan lokal! Moga2 nantinya lewat PWT juga. Design mock up iya masi kaku tu, distreamline dikit mgkn lbh bgs? Terus paint diperindah dgn corak yg sangat Indonesia mungkin bagus jg, misal batik, dll. Maju terus! Trimakasih.

    • Benar Mas, mockup tersebut masih akan diperbaiki untuk menuju yang sebenarnya. Mockup tersebut ditujukan ke tim Perhubungan untuk dimintakan penilaiannya. Sedang warnanya, sampai saat ini yang dipilih masih warna merah. Terima kasih

  11. jadi bangga jadi orang madiun..
    kapan-kapan main ke inka ah..

  12. Kapan nih launching nya? Jadi penasaran….

    • Direncanakan bulan Desember ini Lokomotif sudah bisa diuji coba. Semoga tidak molor.

  13. boleh liat langsung ke INKA ga?
    soalnya dulu aku jauh2 kesana tp ga boleh masuk

    • Kalau Mas datang sendiri, memang harusnya ada yang akan ditemui, sehingga ada yang akan mengantar Mas melihat-lihat dalamnya Inka. Tapi bila datangnya rombongan, Mas bisa mengajukan ke Sekretariat Perusahaan agar rombongan Mas bisa diterima dengan baik.
      Terima kasih

  14. sedihnya stasiun Madiun gak bakal kebagian lokomotif CC300 ini, mau bagaimana lagi??

    semua juga tahu DIPO Madiun hanya memiliki lok BB…….

    padahal pingin juga sih kalau Madiun memiliki lok kelas CC, kalau bisa CC 201 ataupun CC 203……

  15. let see aja mas.asal ga sperti spirit of java itu mas……

  16. Waah kereeen nih, kalo suaranya kasar kayak cc201,203,204 atau sehalus GE Evolution series nih?

    • Mengenai suaranya, saya belum tahu karena memang belum dicoba. Saat ini sedang dikerjakan merakit semua komponen di dalam Lok. Semoga Desember bisa diluncurkan. amin

  17. sudah berapa persen perakitan mas ?

    • Kalau secara jadwal, sudah 60% -an. Sekarang kami kerja 24 jam sehari 7 hari dalam seminggu untuk mengejar target Desember selesai test sehingga bisa diserahkan ke DepHub. Kenapa lama, karena ini merupakan produk pertama kami sehingga masih ada beberapa hal yang belum kami kuasai yang membutuhkan proses desain yang lama. Terima kasih

  18. yang patut disayangkan adalah gauge 1067 mm yang kita gunakan tidak mengijinkan kereta untuk melaju di atas 150 km/jam ya?

    coba saja bisa dibuat dual gauge 1067 dan 1435 mm sekaligus….

  19. apakah INKA ada kemungkinan membuat lokomotif jenis ini terus?
    atau bakal melakukan diversifikasi dengan mengeluarkan lok Diesel Elektrik desain sendiri tanpa campur tangan GE?

    • Untuk sementara kami konsentrasi membuat lok dh. Sedangkan untuk pembuatan lok de,saat ini kami membuat berdasar desain dari GE. Bombardier sudah menjajaki kerjasama desain sampai pembuatannya untuk lok de, tetapi realisasinya saya belum tahu. Kami sudah sering bertemu membicarakan spesifikasi teknis lok de.

      • apa mungkin kelak CC300 bisa dipasangi bogie untuk gauge 1435 mm?

      • Mas, mengganti bogie ke 1435 adalah tidak mudah. Perlu kajian lagi, karena menyangkut sistem, seperti sistem pengeremannya, sistem penggeraknya (karena ada gear box) dan masih banyak lagi. Tapi saat ini lok ini didesain untuk lebar gauge yang ada 1067

  20. apa kabar progress cc300 mas? bisa upload gambar bocorannya mas? hehe

    • Mohon maaf Mas, saya tidak boleh mempublikasikan foto-foto selama masa produksi. Yang pasti kami di Inka berusaha menyelesaikan lok tersebut sampai bisa jalan di tanggal 10 Desember 2011

      • Kalau loknya sudah selesai dan “diuji coba” jangan lupa ditulis di sini mas, kalau perlu dengan foto-fotonya

        Jadi sudah positif ya output powernya (bersih) sebesar 2200 HP, lebih kuat dari CC201 dan CC204 dong?

      • Ya Mas, nanti bila sudah mulai uji jalan, Insya Allah foto-fotonya akan saya upload.
        Mengenai output powernya, itu adalah masih sebatas hitungan berdasarkan spesifikasi dari mesinnya. Sedangkan kenyataannya nanti ya…… kemungkinan masih sekitar 2000 an HP. Saat ini kami sudah menyelesaikan pemasangan komponen utama, dan komponen-komponen yang lain. Untuk interior kabin juga sudah selesai. Harapan teman-teman di divisi Teknologi, akhir bulan ini sudah bisa test statik.

  21. mas, mau tanya, lok cc300 ini apakah akan ada penyempurnaan desain lagi? dan dari mock up yang saya lihat di foto2 blog ini, masih terkesan kaku ya..apakah bodynya monokok? kalo bisa ada acnya di ruang masinis. dan indikator2 yang ada pada kabin masinis udah bersistem analog-digital seperti indicator speed, rpm mesin, tekanan angin, indikator suhu mesin, tekanan oli dll. bisa nggak ya nett power nya menyamai cc 202? biar bisa menarik kereta lebih dari 12 kereta. ya maksimal 15 kereta. apakah ada terobosan teknologi terbaru dalam bogie yang digunakan? yang paling sip lagi kalo ada sistem otomatis yang akan menghentikan loko disaat kedaaan darurat.

  22. btw, masnya kerja di pt inka ya?

    • benar Mas.maaf saya belum bisa jawab sekarang pertanyaan Mas yg seabrek.

  23. he..he..maaf ya mas kalo pertanyaannya buanyak…maklum..railfan.. moga -moga daop 6 yk kebagian satu loko terbaru tipe diesel hidrolik iini buat narik ka eko ac gajahwong.

  24. mesinnya kan diesel hidrolik, jadi kayak mesin truck diesel dong… apakah menganut sistem pasokan bahan bakar fuel injection juga dan diesel turbo common rail biar lolos euro 2?

    • Mas ikut IRPS Jogya? di sana ada mas Huda yang biasa pakai nama logawa. Dia juga sebagai desainer elektrik di Lok DH.
      Untuk carbodynya, sama dengan yang mockup, karena mockup itulah yang dipilih oleh DepHub. Memang kaku, tapi ……. itulah selera.
      Body memakai semi monokok, underframe dan frame yg monokok, sedang kulitnya bisa dilepas untuk perbaikan.
      Sedang dieselnya ya seperti diesel pada umumnya di kereta, memakai produk CAT.
      Lokomotif ini di cabin sudah memakai AC dan panelnya masih memakai jarum dengan inputan elektrik (bukan seling).
      Belum memakai sistem berhenti otomatis bila ada masalah, tapi memakai sistem seperti umumnya yaitu deadman system.
      Bogie memakai desain dari Inka sendiri yang memakai referensi dari bogie Bombardier.

  25. Iya. Saya tinggal di jogja dan blm bergabung dgn irps. mengapa pilihan mesin jatuh pada CAT? Tidak menggunakan dari EMD? pengen tahu aja kelebihan mesin diesel dr CAT.. he..he.. (yg saya tahu CAT produsen alat2 berat macam backhoe, forklift dll). Kalo masih ada waktu, mbok ya design mukanya (kabin) di percantik lg mas.. Kesannya wagu gitu loh, kalo orang jawa bilang. Kalo boleh, saya ingin berkunjung ke pt inka. ingin lìhat lbh dkt kayak apa to dapur pt inka? Masnya aj yg jd tour guidenya. btw msh memproduksi lok cc204 g ? Terakhir cm sampe lok cc2041113 yg di krm ke sumatera.

    • Untuk pemilihan mesin dan sistem merupakan hasil pemilihan bersama antara Inka dan KeMenHub. Saya tidak tahu alasannya. Sedang untuk muka lok yang terlihat wagu,…. kita tunggu saja nanti jadinya seperti apa setelah terangkai semua. Sedangkan kerjasama dengan GE, Inka sampai saat ini masih menjalin kerjasama dengan GE untuk merakit lok CC. Terima kasih

  26. thank you mas atas infonya… saya pernah ikut tes untuk masuk jadi karyawan pt inka, karena saya suka sama kereta. kan enak juga bisa lihat langsung pembuatan gerbong dan kereta serta perakitan lokomotif tiap harinya. tapi apa boleh dikata, nasib menentukan lain.

  27. saya baru sadar bahwa Caterpillar (produsen mesin diesel untuk CC300) adalah suatu enterprise kelas berat bahkan EMD yang notabene pembuat CC205 termasuk di dalam perusahaan yang dibawahinya…..

  28. bagaimana perkembangan terahinya pak, sudah siap tampilkah cc 300 nya

    • Insya Allah minggu ini para bule pemilik mesin akan datang ke Inka untuk mencoba menjalankan mesinnya dan akan melakukan tes fungsi. Semoga mesin dieselnya bisa berjalan dan integrasi dengan sistem yang lainpun bisa berjalan.

  29. Pagi tadi sudah dilakukan bogie mounting, yaitu pemasangan carbody di atas bogie. Memang masih ada beberapa permasalahan (maklum produk prototype) tetapi kami berusaha menyelesaikannya. Selain itu juga dilakukan pengecekan koneksi-koneksi oleh bule yang punya mesin. Diharapkan minggu ini mesin sudah bisa dinyalakan

  30. wajib ditunggu oleh RF

  31. mas, foto – fotonya di tunggu ya… serangkaian uji apa aja yng akan di laksanakan? apakah apakah hanya uji statis dan dinamis aja? uji narik beban juga nggak ya (termasuk uji aerodinamika)? kalo serangkaian uji telah kelar di laksanakan , apakah akan langsung diproduksi massal, tentunya sesuai pesanan dari dephub? dan yang prototype itu juga apakah akan menjadi milik inka atau dephub?

    • Untuk foto-fotonya, saya mohon maaf tidak bisa mengambilnya. Karena saya tidak enak dengan teman-teman yang kerja keras siang malam untuk menyelesaikan Lok ini. Mungkin nanti saat test jalan di lintasan Inka, baru berani.
      Ujinya, ya seperti biasanya, ada statik, jalan dan untuk menarik rangkaian.
      Tadi malam Alhamdulillah engine sudah bisa di start dan nyala dengan tidak ada permasalahan yang berarti. Hari ini direncanakan disambungkan dengan transmisi. Semoga juga bisa sukses. amin

  32. Siang tadi transmisi sudah disambungkan dengan engine dan sudah bisa dikontrol dari cabin, walau belum diberi beban. Jadi sudah bisa kontrol kecepatan. Kami sudah mencicil lega, karena sudah 2 langkah kritis sudah terlewati. Berikutnya akan mencoba di sistem pneumatisnya. Semoga juga sukses. amin

  33. Harap-harap cemas menunggu saat roll-out……….. Ditunggu info selanjutnya, semoga sukses

  34. Semoga sukses untuk produk CC300 ini, semoga setelah ini INKA juga bisa membuat lok untuk gauge 1435 mm (ngarep.com)

  35. Gimana nih ujicobanya? ko’ ga ada beritanya? IRPS mo pada k Madiun ga nih?

  36. Hari Minggu sudah dilakukan uji pengereman, dan berhasil. Senin malam ini akan dilakukan uji jalan, tetapi hanya sekitar 20 M maju mundur.

    • axle loadnya lebih dari 15 ton mas? bukannya maksimum tekanan gandar di jawa masih lebih besar, 18 ton? memangnya deviasi penimbangannya berapa ton? axle load CC300 ini lebih berat mana dengan lok CC204?

      mudah-mudahan ga terlalu berat deh, kalau terlalu berat, bodynya diganti saja pakai serat karbon, hehe.. maju terus INKA, maju terus keretaapi indonesia

  37. Senin malam, lokomotif sudah bisa jalan pelan-pelan sekitar 10 m maju mundur. Alhamdulillah, semua merasa lega dan bersyukur. Hari ini dicoba lagi untuk jalan dengan memfungsikan radiator. Karena selama uji coba kemarin radiator belum dinyalakan. Selain itu juga akan dicoba menyalakan genset. Selanjutnya akan sambungkan semua sensor-sensor untuk menjalankan secara penuh fungsi-fungsi yang ada.

    • sensor apa saja mas yang akan disambungkan?
      btw, dirancang untuk kuat menyala berapa jam lok ini?

  38. Maju terus INKA…langkah pertama memang berat, masalah pasti selalu datang dan prototype pertama memang biasa kalo dibilang jauh dari kata sempurna. Tapi untuk bisa berjalan dan berlari ada langkah pertama.

  39. pada waktu tes run kelak .. bolehkah kami ikut mas …
    thanks atas update perkembangan bayi CC300 nya
    ditunggu update berikutnya …

  40. saya cuma komen warnanya pas di cat terlalu glossy gitu deh kaya ngecat mobil. coba sedikit dop biar sama kaya desain nya. selebihnya wow !!!

  41. Semoga sukses, bankitlah indonesiaku

  42. Hari ini sudah diselesaikan menguji fungsi sensor-sensor di engine, seperti sensor ketinggian oli, sensor solar, sensor suhu mesin dan sebagainya. Alhamdulillah semua sudah berjalan lancar. Lokomotif dijalankan kembali dengan semua sensor disambung, dan bisa berjalan maju-mundur 10 M. Tahap selanjutnya adalah merapikan interior dan menyelesaikan cabin yang satunya. Selama ini masih dikendalikan dari 1 cabin.
    Untuk tes di lintas, mungkin akan dilaksanakan Januari depan, karena kelihatannya tidak mungkin mendapat ijin dari PT KAI dengan padatnya lalu lintas saat liburan akhir tahun. Serangkaian uji yang dilaksanakan selama ini masih uji fungsi komponen dan uji koneksi.
    Untuk ikut test jalan, mohon maaf saya tidak berwenang mengijinkan. Biasanya saat uji jalan kereta kami yang baru, teman-teman RF sudah ada di stasiun dan langsung minta ijin ikut kepada teman-teman yang melakukan uji saat itu.

  43. thanks infonya mas, …. kalau boleh mohon bisa di infokan pada saat tes run nanti, Insya Allah hadir di stasiun …. maklum agak jauh dari Madiun mas …

  44. Hari ini telah diselesaikan serangkaian tes, yaitu memfungsikan kabin yang kedua. Lokomotif sudah bisa dikendalikan lewat 2 cabin dan berjalan maju mundur. Sekarang kami menunggu tim penguji dari Dephub sambil merapikan dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Selain itu kami juga menyelesaikan lok yang kedua dan ketiga. Semoga semua bisa selesai.amin

  45. wah, beberapa uji sudah berhasil dilakukan, sayangnya belum bisa uji beban, alias narik beban, karena permasalahan berat lokonya sendiri masih membingungkan dari beberapa kali penimbangan. semoga berhasil untuk uji – uji berikutnya dan tidak ada problem.

  46. semoga lancar … sesuai dengan target yang ditetapkan …

    • Amin

  47. izin menyimak mas …
    Alhamdulillah tampaknya sejauh ini berbagai tahapan dapat dilalui dengan lancar …
    semoga ke depannya juga selalu dilancarkan

    • Amin. Terima kasih atas perhatiannya

  48. mas, saya sudah lihat beberapa bagian dari lok dh cc300 dr sumber yang dapat dipercaya dan membaca ulasannya yang cukup mendetail. cat lok dh terbaru ini menurut saya bagus sekali, tampak beda banget dari cat – cat yang selama ini digunakan sebelumnya ( example: cc204) lebih kinclong. selain sedang proses pengerjaan lok cc300 ini pt inka juga mengerjakan ka inspeksi baru dengan mesin diesel yang menggantung dibawah, krdi ac dan krde ac ex bn holec, serta krl kfw (feat bombardier) dan untuk lok cc300 sendiri dengan berat yg melebihi lok diesel elektrik (cc204 : 84 ton) saya rasa masih bisa untuk berjalan di rel pulau jawa karena max axle roadnya 15 ton. dan mesin disel CATnya mampu mengeluarkan daya 2250 hp mungkin sekarang ini sedang uji pneumatis ya… sukses ya…!

  49. hari ini ada perkembangan mas tentang jabang bayi INKA ….?

    • Kami yang di Dep. Desain bisa dikatakan sudah selesai. Sekarang tugas dari teman-teman di produksi untuk merapikan Loknya dan menyelesaikan lok ke-2 dan ke-3, karena rencananya Tim dari DepHub akan melihat hasilnya. Nanti akan dicoba dijalankan di test track Inka. Untuk uji keluar masih butuh nego dengan PT KA untuk sewa jalannya.

  50. Perkenalkan saya pendatang baru di blog ini, namun sudah beberapa saat mengikutinya. Pada prinsipnya kami ikut bangga dengan hasil karya bangsa Indonesia yang berupa lok Diesel hidrolik ini. Memang selintas kelihatannya bentuk lok masih banyak sudutnya, bukan berupa lengkung yang kontinyu. Tetapi tampaknya hal ini tidak menjadi masalah jika dilihat dari kacamata desain produk. Garis bersudut yang tampaknya kaku malah memberi kesan “macho” dan garang. Sebagai analogi adalah bentuk sepeda MTB yang ditemukan seorang loper koran di Amerika, rangkanya hanya segitiga sederhana dengan setang lurus, dibandingkan dengan desain sepeda sebelumnya dengan rangka lengkung dan setang lengkung. Sepeda MTB terlihat lebih macho dan kekar. Demikian juga dengan lok CC300. Dari gambar awalnya juga sudah mencerminkan kekekaran dan kekuatan. Semoga jadinya semakin cakep.

    • Terima kasih

  51. bagaimana ini LOKOMOTIF CC300 apakah akan UJI COBA DI TRACK
    BANDUNG – CIAWI seperti 204 ??

    sudah bereskah lokomotif itu sekarang??kapan akan di kirim KE BD?

    • Lok dh ini saat ini sudah selesai dan sedang dicek ileh pembelinya yaitu DepHub,bisa diterima apa tidak.Lok ini milik pemerintah,jd tidak harus dikirim ke Bandung. Sedang untuk tes di lintas masih menunggu ijin dari PT KAI sebagai yg punya jalur.

  52. maksudnya bisa diterima atau tidak gimana mas .. apakah kalo tidak diterima terus gak jadi dibeli …????

    • Bukannya tdk jadi beli,tapi Inka harus menyelesaikan kekurangan-kekurangan yg ada dalam waktu yg ditentukan. Bila tdk selesai,akan didenda sesuai kontrak. Tetapi apabila kekurangannya hanya masalah sepele, biasanya diterima dengan catatan

  53. Jadinya lok CC300 sudah mampu berjalan melewati wesel?
    Benarkah beratnya sangat mendekati 87 ton, atau pembulatan yang cukup jauh? Sebagai perbandingan, lok CC201 generasi pertama suka ditulis beratnya 86646 kg, tetapi suka disebut 86 ton. Menurut saya ini pembulatan yang cukup jauh, dan lebih dekat ke 87 ton. Ini mirip dengan CC300.

  54. Ditunggu kehadirannya (CC300) di Cikampek

  55. sampai hari ini …. ada perkembangan si jabang bayi C300 ? pengen segera melihat fisiknya ……

  56. Jika ini nanti lancar dan sukses apa gak menutup kemungkinan bakal dijual ke negara lain?

    • Semoga,seperti dulu saat masih ada GE Lokindo yg merupakan perusahaan patungan Inka-GE bisa mengekspor ke Philipina

  57. Bilamana segera terealisasi beroperasinya lokomotif CC 300, kita sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dan berbesarhati akan kemampuan lokomotif cc 300 yang handal

  58. Nantinya CC300 dimiliki Kemenhub atau PT. KAI? Kalo bukan PT. KAI berarti ga bakal dikasih logo KAI ya kayak K3 AC? Semoga nasibnya ga kayak KRL buatan INKA yang udah diresmiin tapi belum dioperasikan sampe sekarang. Sukses terus buat INKA ^^

    • Lok ini adalah milik Pemerintah (KemenHub) yang diserahkan ke PT KAI untuk dioperasikan. Jadi tidak ada logo PT KAI. Isunya nanti akan dirangkai dengan K3.
      Sedang untuk kasus krl KFW, permasalahannya komplek Mas, jadi saya tidak bisa mengomentari di sini. Ada aspek teknis dan aspek non teknis.

  59. Yang pasti dirangkai ke K3 AC kan? Kalo K3 biasa, masa’ loknya AC tapi rangkaiannya ga AC.

    • Benar mas, karena mulai tahun 2010 semua K3 memakai AC. Sekarang sudah bukan jamannya lagi naik kereta panas.he he he…….
      Kelihatannya ini yang menyebabkan K2 semakin berkurang.

      • Tapi lok ini nampaknya juga tangguh untuk menarik gerbong barang dan container kan?
        Dari tampangnya saja sudah mencerminkan kekuatan

  60. Apakah ada rencana untuk membuat lok DH dengan output power yang lebih gede (mis: 4400 HP), setelah proyek CC300 ini sukses mas?

    • Masih belum ada rencana. Kami saat ini konsentrasi untuk serangkaian test sampai mendapat sertifikat laik jalan.

  61. positif … saluts
    tetap semangat
    menyimak dan menantikan uji- uji selanjutnya
    semoga dilancarkan

    • Amin ya Robbal alamin
      Terima kasih

  62. Mantab Gannn… Oia jangan lupa ya mas ARDIANITA, selain foto” update /January 2012 juga Upload Videonya ya.. hehehe
    Soalnya belom ilang penasaran kalo belom liat Videonya.. :)

    Maju Terus Perkereta Apian Indonesia !
    Hehehe

  63. Cocok buat di lintas yang tekanan gandarnya rendah kayak di Jalur Bandung-sukabumi-Bogor

  64. Bagaimana perkembangan prototype CC300 sampai saat ini Mas?

  65. Kapan bisa dipakai,dan untuk jalur jawa/sumatra.

    • Sabar Mas. Untuk produk pertama banyak dilakukanpengujian, menurut informasi pengujian ini harus dilakukan sampai 6 bulan sebelum bisa dipakai operasional. Wilayah operasinya di Jawa.

  66. LokomitiveDesel Hydrolic selama ini typenya selalu BB, mulai BB 200, BB 201, BB 202 ,BB 203 terahir BB 204, kemudian BB 300, BB 301 s/d BB 306, kenapa lok DH yang di produksi INKA Madiun sekarang tidak memakai kode BB 307, atau kalu bogie konstuksinya 6 gandar, kenapa tidak memakai type No. CC 206

    • BB dan CC adalah menunjukkan jumlah gandar, sedang nama CC300 kemungkinan dari KemenHub yang memberi nama. Saya tidak tahu pasti. Terima kasih

    • CC menunjukan jumlah gandar, angka pertama 3(type DH) angka kedua dan ketiga 00 (generasi pertama) makanya typenya CC300, kalo CC206 berarti lok dengan jumlah gandar 3 type DE generasi ke 7

  67. saat ini, uji apalagi yang sedang dilakukan di pt inka terhadap lok cc300? apakah sudah uji on the track di sekitaran stasiun madiun?

    • Saat ini masih dalam proses perijinan ke PT KAI untuk uji di lintas. Diharapkan Februari ini sudah bisa jalan di lintas untuk diuji. Terima kasih

  68. Wah, mau uji di lintas ya…
    Deg-degan menantinya.
    Layaknya ujian yang biasa dihadapi di sekolah,
    tentunya perlu persiapan yang berat.

    Semoga rekan-rekan di INKA diberi kekuatan dan kelancaran oleh Allah swt.
    Kami hanya bisa berdoa dari jauh

    • Amin ya Robbal alamin. Terima kasih atas dukungan dan doanya.

  69. Ditunggu informasinya, kapan mau uji lintas….

  70. Btw, efisiensi dari lok DH ini berapa persen ya?
    Soalnya sudah banyak yang bilang efisiensi lok DH gak setinggi lok DE
    Tapi semoga saja lok ini juga memiliki efisiensi selevel dengan Voith Maxima 40 CC

  71. bisa di up date informasi terkini si baby INKA ?
    semoga berjalan dengan mulus tanpa rintangan apapun

    • Kami sudah beberapa kali melakukan uji jalan di test track kami.Minggu ini Voith akan melakukan komisioning, tapi sayangnya masih belum bisa di lintas utama. Saya tidak tahu mengapa, yang jelas masih banyak uji yang harus kami lakukan untuk mendapatkan sertifikat laik jalan

  72. Mesin utama lok DH ini Cat type apa Mas?
    Kami memakai C18 untuk mesin utama kapal, masih sekeluarga dgn C15 yg dipakai genset lok ini.

    • CAT 3512B HD

  73. Tes apalagi yang harus dilakukan agar laik jalan mas? Tes menarik kereta penumpang dan gerbong ya?

  74. jangan – jangan nanti dibawa ke sumatra …

  75. kak, lokomotif nya terkesan kaku. terutama bahagian bawah jendela kabin.
    aku kira body lokomotif nya sangat mirip seperti TRAXX milik Bombardier.

    • Sudah banyak yg komentar seperti ini, termasuk teman-teman IRPS saat melakukan kunjungan ke Inka beberapa waktu yang lalu.

  76. belum ada perkembangan lagi mas? ada foto baru gak mas dari lok ini?

    • Mohon maaf saya tdk punya foto terbaru

  77. sorry lupa, lok ini nanti bisa dioperasikan dengan metode MU (Multiple Unit) kan? jadi dua lok digandeng tapi kendali tetap di lok depan…..

    • Bisa

      • Untuk konektor MU-nya ikut standard tertentu nggak, supaya bisa kompatibel dengan lokomotif dari pabrikan lain, spt dengan DD52 milik dephub?

      • Teman-teman mendesain untuk bisa digabung dengan lok sejenis ini. Sedangkan konektornya memakai yang standar, yang beda adalah informasi yang dilewatkan

  78. traksi effortnya berapa mas kalau boleh tahu?

    • Mohin maaf saya tidak tahu. Nanti bila ketemu engineernya akan saya tanyakan. Baru ketemu engineernya (24/5/12),berdasarkan perhitungannya daya di roda sebesar 270 K Newton saat akan bergerak. Bila dibandingkan dg CC 204, saya kurang tahu besar mana.

  79. maunya selain disel juga dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 100 Giga Watt, kalau solarnya habis…

    • Terus berat loknya berapa Mas?

  80. mesin loknya pake EFI (Electronic Fuel Injection) atau gak mas? sorry gak tanya dari kemaren-kemaren

    • Benar Mas

  81. Berikut ada link foto-foto dari railfan Madiun saat Lok CC300 ini keluar kandang. Sayangnya ada informasi yang salah, yaitu lok ini katanya dibuat dengan kerjasama Bombardier. Yang benar, Lok ini benar-benar hasil karya anak negeri. Kerjasama dengan Bombardier adalah untuk membuat lokomotif DE juga bersama PT KAI. Terima kasih

    http://aryasaloka.blogspot.com/

    • mohon maaf mas karena saya salah ngasih keterangan, tapi sudah saya ralat kok .
      di tunggu karya2 berikutnya

  82. BTW, test jalan lok CC300 berjalan sukses ya?
    Ditunggu kabar untuk test beban dengan rangkaian kereta/gerbong.

  83. Ditunggu di Dipo JR..!! Hehehehe

  84. Bagaimana kabar CC300 ini? Kira2 kapan mulai dinas. Berharap musim lebaran kemarin sudah mulai meluncur, ternyata belum yah hehe… ditunggu, maju teruus!!

    • Dipakai atau tidak itu tergantung KemenHub, karena lokomotif tersebut adalah milik KemenHub

  85. siang ini saya dapat kesempatan untuk melakukan factory visit ke inka dan segera sampai rumah saya google lokomotif diesel hidrolik, tidak disangka ternyata ulasan dalam blog ini sangat jelas sekali.. terima kasih banyak atas sharing informasinya.. semoga maju terus industri kereta api!

  86. berarti CC300 ini bakal di pasang logo KemenHub,iya kan ? seperti CC203

    • Benar, karena lok ini milik KemenHub. Ada isu,dinas pertamanya untuk narik PPCW yg berisi peralatan pembuatan double track.

  87. Sdr. Ardianita, berapa harga 1 unit lok CC300 ini?

    • Mohon maaf Pak,saya tidak tahu. Di tempat saya soal harga hanya bagian Pemasaran yg tahu.
      Terima kasih

  88. Bangga punya lok hebat karya negeri sendiri

  89. apa mungkin bakal ada pembenahan dari sisi interior? konon sebagian masinis merasa posisi duduk di dalam kabin kurang nyaman…..

    • Sampai produk yang ke lima, masih tidak ada perubahan layout cabin

  90. saya mau nanya, ini prinsip kerja sistem kontrol hidroliknya gimana ya? menggunakan sistem elektro-hidraulyc atau full hidraulyc?
    oh iya,bolehkah saya minta kontak mas/mbak nya? kalau boleh tolong email saya di dandy.pulsarboy@gmail.com
    terima kasih sebelumnya.

    • Sistem kontrolnya memakai elektrik, begitu juga untuk mengatur kecepatan juga memakai sistem elektrik. Jadi enginenya mempunyai kecepatan yang konstan, kecepatan diatur di gearbox. Apabila memang berminat mau mempelajari sistem ini, silakan datang ke Inka untuk menemui bapak Yanto di Desain. Beliau adalah salah satu desainer elektrik untuk lokomotif ini.

      • Oh jadi begitu ya. Menarik nih.
        Dapatkah saya menghubungi beliau lewat jalur pribadi (telp/sms) agar dapat membuat janji sebelumnya?
        Soalnya posisi saya cukup jauh dari Madiun.

      • alamat email Beliau masyanto@inka.co.id

  91. mas mengapa yg dipilih diesel hidraulic bukan electric apa kelebihannya karena saat ini lokomotif besar yg dipakai PT KAI baik buatan GE maupun EMD semuanya diesel electric yg saya baca katanya lebih effisien terimakasih

    • Karena kami tidak ingin berhadapan langsug dengan GE

  92. mas,saya masih SMA,,saya mau tanya,,mas ini kerja di bagian apa?.lalu kuliahnya dulu jurusan apa??

    • Di PT Inka untuk engineernya sebagian besar adalah sarjana Teknik Mesin, kemudian Teknik Elektro. Ada Teknik Industri, 4 orang dari Desain Produk. Lulusan terbanyak adalah dari Brawijaya dan ITS. Karyawannya sebagian besar dari Madiun dan sekitarnya, mungkin banyak yang nyari dekat rumah supaya gampang kalau mudik lebaran.
      Untuk mendesain kereta maupun lokomotif memerlukan kerjasama antar kompetensi, yaitu di bidang konstruksi, integrasi komponen, elektrik, desain produk, dan kompetensi fisika untuk menghitung sirkulasi panas, dan simulasi lainnya.

      • Makasih mas atas jawabannya.

  93. Wah, keren lokonya nih.. Bangga deh Indonesia bisa bikin sendiri. :)
    Mau nanya dong mas, gimana status CC300 sekarang ini?
    Terus apakah lok ini hanya akan dibuat sejumlah 3 unit saja? Katnya ada info kalo sekarang sedang dibuat batch 2 dari lok ini dg penambahan jendela di sisi depan-kanan-kiri kabin. Apakah kabar itu benar mas?

    • Benar Mas, nantinya akan ada 5 Lokomotif DH.
      Saat ini yang 3 buah disimpan di Inka, seperti halnya kereta Kedinasan. Karena KemenHub tidak mempunyai Depo penyimpanan (yang saya tahu).
      Sedang peruntukannya akan dipakai di mana, saya sendiri belum tahu.
      Terima kasih

  94. apa lok CC 300 kuat ditanjakan ga ya..soalnya belum ada uji coba kebandung,biasanya setiap ada lokomotif baru uji cobanya tanjakan mulai stasiun ciawi tasik sampai stasiun cirahayu menuju arah bandung,..

    • Sudah Mas,diuji di tanjakan Lawang dari arah Surabaya dg membawa rangkaian.Sudah lolos. Tapi untuk ke Bandung belum mendapat ijin dari yang berwenang. Terima kasih

      • kalau dibandingkan dengan lokomotif baru yang dari GE CC 206 dengan CC 300 produk inka sama engga ya HP nya?…apa PT.INKA ada rencana membuat CC 300 diesel elektricnya ga ya?…

      • Inka hingga saat ini belum punya rencana membuat lokomoto DE,karena berat bila berhadapan dg industri besar. Bombardier pernah mengajak kerjasama desain untuk membuat lokomotif DE untuk dipasarkan di asia, tapi sayangnya sampai saat ini belum terealisasi. Mungkin Bombardier belum mendapat pembeli

  95. Bagaimana progress pengoperasian resmi loko ini di lintas Pak? Harus menunggu ijin apalagikah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: